TEMU TEKNIS PENYULUH PERTANIAN KABUPATEN MOJOKERTO, 16 JUNI 2015

Undang-undang no 16 tahun 2006 tentang sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memfokuskan pengembangan sumber daya pelaku utama dan pelaku usaha.

          Penyelenggaraan penyuluhan di daerah mengacu pada ketentuan pemerintah tentang kebijakan dan strategi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

          Kelembagaan penyuluhan Pertanian di Kabupaten Mojokerto sampai saat ini belum terbentuk sehingga keberadaan penyuluh masih melekat pada Dinas-Dinas terkait seperti PPL Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian, PPL Peternakan dan Perikanan pada Dinas Peternakan dan Perikanan, dan PPL Kehutanan dan Perkebunan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

          Oleh karena itu dalam pelaksanaannya tugas kerjasama penyuluh pertanian diperlukan Forum koordinasi penyuluh pertanian, peternakan dan perikanan, kehutanan dan perkebunan melalui temu teknis Penyuluh Pertanian Kabupaten Mojokerto seperti yang diselenggarakan di BPP Mojoanyar baru-baru ini, tepatnya tanggal 16 Juni 2015.

          Temu teknis Penyuluh Pertanian di Kabupaten Mojokerto diperlukan agar terjadi sinergitas dan keterpaduan untuk terlaksananya penyuluhan pertanian, peternakan dan perikanan, kehutanan dan perkebunan di Kabupaten Mojokerto.

Temu Teknis Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Mojokerto bertujuan :

  1. Mengevaluasi capaian kinerja PPL Tanaman Pangan, PPL Peternakan dan Perikanan, PPL Perkebunan dan Kehutanan tahun 2014.
  2. Menyusun rencana kerja pelaksanaan penyuluhan pertanian, peternakan dan perikanan, kehutanan dan perkebunan tahun 2015.
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan penyuluhan pertanian, peternakan dan perikanan, kehutanan dan perkebunan dengan kebutuhan pendampingan program pemerintah dan instansi terkait di kabupaten Mojokerto.

Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan Temu Teknis Penyuluh Pertanian ini adalah :

  1. Tersedianya data terkait capaian kinerja penyuluhan pertanian, peternakan dan perikanan, kehutanan dan perkebunan dari masing-masing Kecamatan.
  2. Tersedianya sasaran dan target pelaksanaan penyuluhan pertanian, peternakan dan perikanan, kehutanan dan perkebunan tahun 2015.