AYO MENANAM REFUGIA!

APA ITU TANAMAN REFUGIA?

Tanaman refugia adalah tanaman yang tumbuh di sekitar tanaman yang dibudidayakan, yang berpotensi sebagai tempat perlindungan dan sumber pakan bagi serangga musuh alami (baik predator atau pemangsa maupun parasitoid). Hal tersebut dilakukan agar pelestarian musuh alami tercipta dengan baik. Prinsip tanaman untuk refugia adalah tanaman tersebut bisa menarik dan menjadi tempat hidup serta sumber kehidupan bagi serangga musuh alami dari hama.

Potensi musuh alami untuk mengendalikan hama tanaman dalam suatu agroekosistem dapat ditingkatkan dengan cara memanipulasi habitat. Manipulasi habitat dapat dilakukan dengan menanam tumbuhan berbunga (insectary plant) yang berfungsi sebagai sumber pakan, inang mangsa alternatif, dan refuji bagi musuh alami.

 

APA MANFAAT MENANAM REFUGIA?

Manfaat dari menanam refugia sebagai bentuk manipulasi habitat untuk melindungi tanaman yang dibudidayakan adalah antara lain:

  1. Bunga tanaman refugia akan menghasilkan madu dan nektar yang bermanfaat sebagai sumber pakan serangga musuh alami.
  2. Predator dapat memangsa serangga hama yang bersembunyi di tanaman refugia.
  3. Keberagaman serangga dikarenakan adanya tanaman refugia akan menyebabkan terciptanya agroekosistem yang seimbang, di mana jumlah hama yang ada dapat ditekan oleh keberadaan serangga musuh alaminya sehingga pemakaian pestisida dapat dikurangi.

 

APA SYARAT TANAMAN REFUGIA?

Tanaman yang dijadikan sebagai refugia sebaiknya dipilih yang memenuhi kriteria yaitu antara lain:

  1. Pilih tanaman yang memiliki bunga dan warna yang mencolok.
  2. Regenerasi tanaman cepat dan berkelanjutan.
  3. Benih atau bibit mudah diperoleh.
  4. Mudah ditanam.
  5. Dapat ditumpangsarikan dengan tanaman pematang lain.

 

APA SAJA JENIS TANAMAN REFUGIA?

Jenis tanaman yang berpotensi dijadikan sebagai tanaman refugia adalah jenis tanaman berbunga yang mempunyai warna mencolok, seperti:

Bunga Matahari, Bunga Kertas, Bunga Jengger Ayam (Celosia), Bunga Kenikir, dan Bunga Tahi Ayam (Marigold).

 

SERANGGA MUSUH ALAMI APA SAJA YANG DAPAT SINGGAH DAN MEMANGSA SERANGGA HAMA?

Serangga musuh alami yang dapat singgah dan memangsa hama sangat beragam, antara lain:

capung, tomcat, semut, lebah, belalang sembah, kumbang, dan laba-laba.

 

 

BAGAIMANA TEKNIK PENANAMAN REFUGIA?

Teknik penanaman refugia tidaklah sulit. Waktu penanaman refugia pada pertanaman tanaman yang dibudidayakan seperti pada pertanaman padi diusahakan pada saat pembuatan guludan selesai dan ditanam pada pinggiran guludan. Hal tersebut diperkirakan, saat tanaman padi baru mulai tumbuh, maka refugia sudah mulai berbunga sehingga dapat menyediakan makanan untuk serangga musuh alami dan padi dapat terhindar dari beberapa serangan hama tanaman.

Penanaman diusahakan berjajar memanjang di luar area tanaman utama dan tidak terlalu rimbun, karena dikhawatirkan mengundang hama tikus. Selain itu, penanaman diusahakan sejajar dengan sinar matahari sehingga tidak menutupi atau mengganggu penyerapan sinar matahari bagi tanaman utama.

 

Referensi:

Kurniawati, N., & Martono, E. 2015. Peran Tumbuhan Berbunga sebagai Media Konservasi Artopoda Musuh Alami. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia. 19(2): 53-59.

Amanda, U.D. 2017. Pemanfaatan Tanaman Refugia untuk Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman Padi. Buletin IKATAN (Informasi Pengkaljian dan Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian). 7(2): 29-45.